Menganalisa Laptop Yang Suka Mati Sendiri

Diposting pada

Secara umum laptop yang suka mati sendiri disebabkan oleh adanya gagal kerja pada beberapa komponen inti yang fungsi kerjanya fital pada saat laptop running ( sedang bekerja ).

Untuk menganalisa penyebab laptop mati sendiri harus didasarkan oleh penyebab sebuah laptop bisa mati pada saat bekerja tanpa harus dimatikan secara sengaja. Diantaranya adalah :

  1. Adanya over current, atau arus yang terlalu tinggi yang melebihi batas kerja laptop. Ini di monitor oleh rangkaian controller di setiap jalur tegangan sesuai dengan levelnya.
  2. Temperatur terlalu tinggi, yang bisa menyebabkan sistem proteksi melakukan bunuh diri demi menyelamatkan komponen vital agar tidak rusak.
  3. Komponen switching gagal melayani kebutuhan supply tegangan yang menyebabkan komponen tersebut kecapekan sehingga arus yang melewatinya terputus dengan sendirinya.
  4. Adanya lonjakan tegangan pada jalur tegangan tertentu di motherboard yang biasanya disebabkan oleh kurang bagusnya kinerja komponen filter tegangan ( kapasitor )
  5. Adanya perintah pemutusan arus dari blok tertentu di motherboard yang disebabkan oleh adanya kondisi yang tidak normal pada blok tersebut.
Baca juga :   Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja

Dengan mengetahui penyebab sebuah laptop mati sendiri maka kita bisa memulai analisa untuk mengetahui sumber penyebabnya. Tentu saja proses ini semakin mudah dilakukan jika memiliki peralatan yang lengkap, misalnya power supply yang silengkapi dengan detektor arus. Multi tester yang bisa menunjukkan nilai tegangan yang presisi, dan peralatan penunjang lainnnya.

Jika kamu menemukan masalah dan sulit menemukan penyebabnya dilahkan share di kolom komentar untuk kita diskusikan bersama.

6 thoughts on “Menganalisa Laptop Yang Suka Mati Sendiri

  1. asus x550ze bang,,, setelah logo mati, kadang bisa nyala sampai logo windows, sudah tak putus arus 1.05v ke cpu, gak mati lagi cuma blackscreen,,, belum nemu solusi bang saia,,,

  2. assalamu’alaikum, pak laptop sy aspire one happy N57C, kmaren sempat sy putus kabel fan yg warna putih dan kuning, akhirnya kipas kencang jalanya, krn klu mengikuti normalnya, panasnya sampai tembus ke kesingnya…….
    sejak itu sdh mulai mati2 dgn sendirinya, apakah itu merupakan sebuah indikator penyebabnya ?
    mohon penjelasanya…mkasih sblmnya

    1. waalaikum salam mas rafil. Jadi itu adalah kematian yang disebabkan karena adanya overhead atau terlalu tinggi suhunya prosesor. Secara umum ini disebabkan karena adanya kerusakan pada chips prosesor itu sendiri. Namun bisa juga karena sebab lain. Coba dirasakan terlebih dahulu hembusan angin dari kipas pendingin, panas tidak. Karena jika ternyata tidak panas maka disebabkan oleh rusaknya heatsink. heatsink tidak mampu mengalirkan panas dari prosesor ke sirip2 exhaust nya. dengan mengganti heatsink masalah tsb bisa diperbaiki. Namun bisa juga karena tidak stabilnya tegangan supply prosesor, ini perlu dilakukan cek lebih lanjut. semoga bisa membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *