Efek Buruk Gunakan Laptop Standart Untuk Main Game

Diposting pada

Tentu pecinta game akan bahagia sekali saat instal game kesayangan pada laptop berhasil dan ternyata lancar juga saat nge-game tanpa Lag. Namun perlu diketahui jika laptop yang digunakan tersebut bukan laptop gaming, atau dari pabrikan tidak ada keterangan bahwa laptop tersebut aman untuk main game, siap-siap muncul efek buruk pada laptop tersebut.

Kita tahu bahwa game itu butuh graphics yang resolusinya tinggi dan membutuhkan kinerja VGA yang tinggi pula agar hasilnya bisa maksimal. Maka kalaupun laptop standart bisa digunakan itupun ada batasannya. Salah satu efek buruk yang sangat sering muncul adalah gagalnya chipset yang bekerja menampilkan gambar bekerja dengan normal.

Penambahan RAM memang pada kondisi tertentu bisa meningkatkan performa laptop sehingga game yang sebelumnya nge-lag bisa lancar dimainkan. Ini terjadi karena sebagian kapasitas RAM bisa digunakan oleh VGA untuk menopang kebutuhan game. Namun perlu diketahu bahwa ini tidak sekaligus meningkatkan ketangguhan chipset. Chipset tetap memiliki keterbatasan sesuai dengan spesifikasinya.

Baca juga :   5 Penyebab Laptop Nge-Blank Yang Sering Terjadi

Selain efek diatas, penggunaan game akan meningkatkan temperatur chipset terutama chipset VGA. Pada laptop gaming kondisi ini telah diperhitungkan dengan performa pendingin yang sudah diatur sedemikian rupa. Pada laptop standart bisa saja pendinginnya tidak setangguh gaming karena memang hanya diperuntukkan untuk pengguna standart. Maka efeknya jika game digunakan dalam jangka waktu lama pada laptop stardart suhunya bisa terlalu tinggi yang tidak bisa di cover oleh pendingin. Jangan heran jika chipset akan lebih cepat jebol.

Baca juga :   Laptop Vaio No Display, Capslock Numlock Menyala

Laptop pun akan nge-blank, black screen atau no display efek dari gagalnya chipset VGA bekerja dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *