Entrip Pada IC Regulator Tidak Keluar, Jangan Ganti IC nya

Diposting pada

Salah satu pin pada IC regulator PWM 3V/5V ( TPS51123, TPS51123, dll. ) motherboard laptop adalah ENTRIP 1 dan ENTRIP 2 dimana pin ini akan mengeluarkan tegangan dengan sendirinya jika IC mendapatkan sumber tegangan kerja yang biasanya langsung dari tegangan utama ( Vin, B+, dll. ). Ini bisa terjadi karena terdapat komponen LDO di dalam IC.

Selain pin tersebut juga terdapat VREG3 dan VREG5 yang juga terhubung dengan komponen LDO di bagian dalam IC. Jika pin EN yang menjadi pemicu aktifnya LDO mendapatkan signal maka ke-4 tegangan tersebut diatas akan muncul sebelum mengaktifkan system kerja regulator 3V dan 5V.

Maka sering Teknisi langsung menganggap IC rusak jika salah satu dari tegangan tersebut diatas tidak muncul. Misalnya ENTRIP 1 dan 2 tidak muncul, banyak yang mengira bahwa ini pasti disebabkan karena IC rusak.

Baca juga :   Diagram Skema Axioo Pico PJM M1100

Ternyata tidak selalu demikian.

Misalnya pada motherboard laptop HP CQ40 yang menggunakan model LA-4101P. Jika entrip tidak keluar pada regulator 3v/5v ternyata bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Ini terjadi karena pin ini juga terhubung dengan komponen lain yang bisa juga rusak dan menyebabkan tegangannya hilang.

Penyebab lain adalah BIOS corrupt, ini juga bisa saja terjadi berdasarkan pengalaman kami. Karena pin ini juga terhubung dengan chipset IO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *