fungsi cairan flux

Fungsi Cairan Flux Pada Perbaikan Laptop

Diposting pada

Cairan flux adalah salah satu yang wajib dimiliki oleh teknisi laptop. Ini digunakan pada saat proses perbaikan laptop yang disebabkan oleh adanya kerusakan di bagian motherboard terutama jika diperlukan adanya penggantian komponen.

Fungsi utama digunakannya cairan flux pada perbaikan motherboard laptop adalah untuk mempercepat melelehnya timah pada komponen elektronika yang di solder di bagian motherboard. Karena tidak sebagaimana timah yang baru dibeli, timah yang menempel pada komponen di motherboard umurnya sudah tua, apalagi untuk motherboard laptop yang sudah jadul, timahnya lebih sulit untuk dilelehkan. Padahal pada saat melepas komponen, terutama yang mengharuskan teknisi untuk menggunakan heater blower, bukan solder biasa, tidak boleh terlalu lama. Blower akan merusak motherboard ( PCD ) jika terlalu lama di hembuskan ke motherboard.

Maka dengan menggunakan cairan flux, kerusakan-kerusakan baru yang dimungkinkan bisa muncul akan bisa dihindari.

Baca juga :   Laptop Asus A455L Mati Total

Flux juga sering dimanfaatkan untuk mensolder komponen yang antar kaki-kakinya berdekatan. Tanpa flux kemungkinan gagal solder sangat tinggi, antar kaki-kaki komponen tersolder menjadi satu yang tentu saja menyebabkan komponen tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Maka dengan cairan flux hal tersebut bisa dihindari.

Tentu saja kwalitas cairan flux sangat menentukan hasil dari pemanfaatannya. Makin mahal bisa dipastikan makin bagus kwalitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *