Motherboard Laptop Short, Hati-hati Bagian Ini !

Diposting pada

Kondisi kerusakan yang paling sering terjadi pada motherboard laptop adalah short atau konslet. Ini adalah kondisi dimana jalur tertentu pada motherboard laptop yang seharusnya teraliri tegangan positif terhubung secara langsung ke jalur negatif atau ground yang menyebabkan tegangan positif tersebut tidak bisa muncul pada jalur ini.

Namun sering sekali teknisi pemula salah pada saat proses analisa, terutama bagi yang menggunakan patokan indikator buzzer dari multitester pada proses pengecekan. Ini terjadi karena buzzer yang mengeluarkan suara tiiittt jika terdapat jalur yang short juga tetap mengeluarkan bunyi jika terdapat jalur yang resistansinya terlalu kecil ( hampir short ). Sebetulnya suaranya sedikit berbeda namun telinga bisa saja kurang teliti membedakan suara tersebut.

Apakah ada jalur di motherboard laptop yang pada kondisi normal resistansinya kecil dan bisa membunyikan buzzer multitester ?

Baca juga :   Cara Hapus Aplikasi Laptop

Jawabannya tentu saja ada. Misalnya adalah jalur supply tegangan ke prosesor dan chipset VGA. Arus yang masuk ke komponen ini besar sekali, ini efek dari resistansinya yang kecil. Maka tidak heran jika komponen tersebut selalu panas dan membutuhkan pendingin saat bekerja.

Sebetulnya pada multitester digital akan muncul nilai resistansi yang berbeda, namun sekali lagi ini kadang-kadang terlewat jika kurang teliti. Demikian juga pada multitester analog, walaupun hanya beberapa strip ( garis ) saja perbedaannya namun pasti berbeda antara short dan hampir short.

Baca juga :   Penyebab Laptop Gagal Booting Restart Terus Menerus

Jadi teknisi harus hati-hati saat melakukan pengecekan di jalur tersebut. Atau, untuk pengecekan jalur supply tegangan menuju prosesor akan lebih akurat hasilnya jika kita lepas terlebih dahulu prosesornya, tentu saja ini hanya bisa dilakukan pada motherboard yang prosesornya bisa dilepas dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *