Laptop Lemot Memang Karena Hardisk Rusak ?

Diposting pada

Salah satu masalah pada laptop yang bikin kepala puyeng adalah kinerja yang sangat lambar yang menyebabkan pekerjaan tidak kunjung selesai. Benarkah lemotnya laptop tersebut disebabkan oleh adanya masalah pada hardisk ?

Jawabannya tentu relatif sekali, tergantung dengan kondisi laptop. Namun memang sering sekali hal tersebut disebabkan karena adanya masalah pada hardisk, lebih jelasnya hardisk telah melemah sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal. Hasilnya laptop tetap bekerja, namun dengan kecepatan yang sangat rendah ( lemot ).

Kerusakan pada hardisk ini bisa dideteksi dengan berbagai cara.

Baca juga :   Toshiba C640 Tidak Bisa Dinyalakan, Ganti Ininya

Salah satu cirinya adalah ketika kita melakukan proses install ulang, prosesnya sangat lama sekali, tidak sebagaimana biasanya. Prosentase progress install ulang berjalan sangat lambat, tidak nambah-nambah.

Ciri lain adalah pada saat laptop baru saja dinyalakan tidak segera memulai proses booting ( proses masuk ke windows ).

Atau jika pada malam hari terdengan suara agak kasar dari hardisk, dan suara ini berulang-ulang dengan nada dan frekuensi yang sama yang menunjukkan adanya masalah pada hardware di bagian dalam hardisk.

Baca juga :   Memperbaiki Aspire 4750 Mati total

Namun perlu diketahui bahwa ini bukanlah satu-satunya penyebab sebuah laptop yang bekerja sangat lambat. Kalau lambat atau lemotnya tidak terlalu, biasanya bisa di perbaiki dengan melakukan format pada drive system untuk kemudian diinstall ulang dengan OS yang baru.

Penyebab lain laptop lemot adalah adanya masalah pada keyboard. Tombol keyboard di bagian tertentu jika nyantol bisa menyebabkan laptop bekerja sangat lambat juga.

Baca juga :   Baterai Laptop 0% Terus Tidak Tambah

Atau jika lebih parah juga bisa disebabkan adanya masalah pada motherboard ( mesin laptop ).

Untuk memastikan kondisinya perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut. Lakukan pengecekan satu demi satu dari kemungkinan-kemungkinan yang bisa emnjadi penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *