Pertolongan Pertama Pada Printer Yang Tidak Respon

Diposting pada

Ada-ada saja masalah yang berhubungan dengan printer mulai dari yang ringan hingga berat yang harus memaksa pengguna untuk mengeluarkan biaya tinggi untuk memperbaikinya. Yang akan kita bahas kali ini adalah printer yang tidak respon sama sekali saat kita akan cetak tulisan maupun gambar, bahkan muncul keterangan bahwa printer sedang offline yang berarti printer dianggap mati, padahal sudah dinyalakan.

Baca juga :   Ngeprin, Tapi Kertas Tidak Masuk

Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan masalah tersebut, tentu saja kita harus memperbaikinya dengan menemukan terlebih dahulu sumber permasalahannya.

Sebagai pertolongan pertama, silahkan melakukan steps berikut :

  1. Save ketikan kamu kemudian close saja aplikasi Word atau Excel nya, atau apapun yang saat ini sedang di gunakan untuk mencetak.
  2. Cabut kabel data printer, ini adalah kabel yang menghubungkan printer dengan komputer atau laptop.
  3. Masukkan lagi kabel data printer ke port USB yang lain, tidak sama dengan port sebelumnya.
  4. Kemudian buka file yang tadi akan di cetak.
  5. Kemudian ulangi lagi printer cetak ( printing ).
Baca juga :   Ciri-ciri Printer Canon MP Rusak Sensornya

Jika saat langkah 3 muncul warning tulisan yang disertai tanda pentung ‘!’, maka kita perlu melakukan install driver sesuai dengan type printernya.

Jika setelah mengikuti langkah diatas masih belum juga menemukan masalah berarti ada masalah lain, sebaiknya coba cetak menggunakan komputer lain yang sudah terinstall driver daripada printer tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *