IC Power Laptop Panas, Jangan Diganti Dulu

Diposting pada

Salah satu indikasi komponen rusak pada motherboard laptop adalah bodynya panas yang menunjukkan adanya kondisi tidak normal termasuk salah satunya adalah komponen IC Power atau IC regulator. Namun apakah body yang panas selalu menunjukkan bahwa IC tersebut memang harus diganti ? simak bahasan dibawah ini.

IC power atau dikenal juga dengan IC regulator atau IC SMPS atau IC stepdown adalah sebuah komponen yang pada motherboard laptop berfungsi salah satunya sebagai controller rangkaian penurun tegangan ( step down ). Selain menurunkan tegangan, IC juga digunakan sebagai sebuah saklar yang menghubungkan sebuah level tegangan tanpa dinaikkan ataupun diturunkan namun di gunakan oleh blok yang lain pada motherboard, yang dikendalikan oleh rangkaian lain yang kinerjanya bisa terkontrol dan termonitor, aktif dan tidak aktifnya sesuai dengan system pada motherboard.

Pada jenis motherboard tertentu IC power harus bekerja bersama dengan komponen switching ( mosfet ) untuk menghasilkan nilai tegangan sesuai dengan yang diperlukan yang di kenal dengan SMPS. Namun ada juga yang bekerja sendiri dan langsung bisa menghasilkan tegangan yang lebih rendah ( step down ), ini dikenal dengan IC LDO.

Baca juga :   Install Net Framework 3.5 Windows 10

Salah satu kerusakan pada IC tersebut adalah berubahnya nilai resistansi pada pin VCC yang disebabkan adanya kerusakan internal, pada kondisi ini IC akan panas sekali jika mendapatkan supply tegangan.

Namun IC yang outputnya terhubung dengan komponen yang resistansinya lebih rendah dari rating IC juga bisa menyebabkan panas. Apalagi jika terhubung dengan komponen yang short circuit atau konslet, IC akan sangat panas.

Baca juga :   Laptop Di Ces Malah Mati, Ini Salah Penyebabnya

Dengan demikian panas pada IC tidak selalu bisa dianggap bahwa IC tersebut panas.

Pada proses analisa, pastikan bahwa IC tidak terhubung dengan komponen atau jalur yang resistansinya terlalu rendah, tidak normal, apalagi short circuit, sebelum memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *