MP287 Yang Tidak Bisa Di Reset

Diposting pada

Salah satu kemudahan pada beberapa model Printer Canon adalah ketika jumlah proses printing telah memenuhi batas maksimal yang diizinkan oleh Pabrikan yaitu sekitar 7600 lembar, ini bisa di reset dengan mudah menggunakan software resetter. Namun perlu diketahui bahwa proses ini memerlukan mode save yang dikenal dengan Save Mode dimana printer dinyalakan pada kondisi base, kondisi dimana fitur-fitur printer tidak diaktifkan untuk keperluan perbaikan.

Baca juga :   Resetter Epson L3110 Printer

Setelah printer dinyalakan dan masuk Save Mode baru proses reset bisa dilakukan.

Lalu bagaimana jika printer tidak berhasil masuk Save Mode ?

Inilah yang menjadi persoalan. Akhir-akhir ini muncul Varian Printer MP287 dan beberapa printer Canon yang lain yang tetap diproduksi walaupun sudah terlewati type printer yang lebih baru dengan alasan kebutuhan pasar masih tinggi. Varian ini menggunakan model motherboard baru.

Baca juga :   Ciri-ciri Printer Canon MP Rusak Sensornya

Typenya sama, namun secara fisik motherboardnya berbeda, lebih kecil. Dan yang lebih mencengangkan lagi adalah tida bisa di reset ketika full counter.

Namun jangan gupuh dulu, karena tetap saja bisa diperbaiki yaitu dengan mengganti IC EPROM yang menjadi memory penyimpan data counter printing pada printer Canon ini.

IC ini cukup murah harganya dan bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko komputer. Dengan mengganti IC EPROM maka printer bisa kembali digunakan sebagaimana semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *