Biaya Repair Prosentase Baterai Laptop Tidak Bertambah

Diposting pada

Kerusakan yang sering juga terjadi pada berbagai merk laptop salah satunya adalah tidak bisa berubahnya level baterai atau prosentase baterai yang bisa diakses di icon baterai pojok kanan bawah di tampilan desktop yang menggunakan operating system Windows.

Penyebab dari masalah tersebut adalah tentu saja ada masalah pada proses charging. Ini bisa karena ada masalah pada baterai dan bisa juga pada motherboard. Memerlukan langkah pengecekan sebagai berikut untuk memastikan sumber penyebabnya.

  1. Untuk laptop yang baterainya bisa dilepas dengan mudah, bukan baterai tanam, lakukan pelepasan baterai dan cek tegangan menggunakan avo meter pada baterai, jika muncul tegangan sesuai dengan rating baterai yang bisa dibaca pada stiker spesifikasi baterai, maka bisa dipastikan baterai dalam kondisi normal. Namun perlu diketahui bahwa pada beberapa merk laptop pengecekan baterai tidak semudah itu, ada yang tegangan langsung bisa terdeteksi dengan menyentuhkan probe avometer pada pin ujung ke ujung di port baterai, namun ada juga yang harus menghubungkan pin-pin tertentu agar tegangan di pin ujung keluar sesuai dengan rating baterai.
  2. Jika kesulitan mengecek tegangan pada port baterai, maka cek tegangan di port motherboard. Caranya adalah masukkan charger ke laptop dan cek tegangan pada port baterai yang ada di laptop, pin ujung ke ujung. Jika tegangan keluar, maka kemungkinan besar motherboard laptop pada kondisi normal. Namun perlu diketahui juga bahwa nilai tegangannya berbeda-beda pada berbagai merk laptop. Ada yang hanya 0.2V ada juga yang 7V. Namun yang menjadi catatan penting adalah, tegangan tidak boleh sama dengan tegangan charger, 19V, karena jika demikian maka ada yang rusak di bagian motherboard. Atau jika tegangan tidak keluar, juga menunjukkan motherboard bermasalah dan perlu dilakukan analisa motherboard untuk menemukan sumber kerusakannya
  3. Untuk latpop yang menggunakan baterai tanam, maka sebetulnya cara pengecekannya sama, namun kita perlu melakukan pembungkaran kesing laptop agar bisa melepas baterai.
Baca juga :   Biaya Service Laptop Di Charge Tidak Masuk

Untuk kasus prosentase baterai yang tidak bisa naik, maka jika dari hasil pengecekan diatas menunjukkan adanya masalah pada motherboard, biasanya kerusakan ada pada ic charger, dan dengan mengganti komponen ini maka masalah bisa teratasi. Ini secara umum, jika muncul kondisi yang berbeda dengan bahasan ini maka perlu dilakukan analisa lebih lanjut dengan fokus pada blok charging di motherboard. Dan ini biasanya mengerucut pada penggantian IC charger yang membutuhkan biaya 300-450 ribu, sesuai dengan jenis motherboard yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *