Ketahui Dengan Mudah Laptop Yang Rusak Hardisknya

Inilah cara mudah mengetahui apakah laptop kita hardisknya rusak atau kerusakan ada pada bagian lain. Untuk kerusakan pada hardisk, perlu diketahui, ini selalu di tandai dengan laptop yang lemot, lambat sekali dalam bekerja, gagal booting, tidak bisa masuk windows, macet saat baru saja dinyalakan dan berhenti di logo merk laptop, atau laptop langsung masuk ke tampilan khas BIOS warna biru dan ciri-ciri sejenis lainnya.

Biasanya kalau teknisi akan curiga dulu ke hardisk.

Nah bagaimana dengan pengguna laptop biasa yang kurang memiliki pengalaman analisa kerusakan laptop ?

Dibawah ini adalah cara-cara mudah untuk mengetahui apakah memang hardisk pada laptop kita telah rusak.

  1. Nyalakan laptop
  2. Tempelkan telingan kita di bagian bawah laptop, angkat laptopnya dan tempelkan telinga kita
  3. Jika terdengan suara agak kasang berulang ulang maka ini menunjukkan hardisk bermasalah. Misalnya suara “clang-clang-clang” terus menerus, atau suara “ngik-ngik-ngik” terus menerus dengan frekuensi tetap sama. atau kumpulan suara yang agak panjang namun suara ini terulang-ulang dengan nada dan frekuensi yang selalu sama, misalnya ” ngiiiiiiiing-kretek-kretek-kretek-ngiiiiiiiiiiing-kretek-kretek-kretek ” ini menunjukkan bahwa hardisk bermasalah.

Dengan mengetahui cara deteksi hardisk bermasalah tersebut kita bisa mengantisipasi sebelum dibawa ke teknisi terpeprcaya atau bahkan jika kita hendak mencoba utuk mengganti sendiri hardisknya sehingga tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *