Laptop Diganti Keyboardnya Tetap Tidak Normal

Diposting pada

Solusi laptop yang tetap saja terdapat tombol keyboard yang tidak berfungsi dengan baik meski sudah dilakukan penggantian keyboard baru, bisa di dapatkan pada artikel berikut.

Mengganti keyboard memang tidak selalu bisa menjamin sebuah laptop yang keyboardnya bermasalah bisa kembali bekerja sebagaimana sediakala karena kerap kali keyboard bermasalah pada laptop ternyata disebabkan oleh hal lain yang tidak bekerja dengan optimal pada bagian internal laptop. Jadi memang tidak selalu disebabkan oleh karena keyboard tersebut rusak.

Hal ini terjadi karena pada saat bekerja keyboard ini tidak sendirian. Perangkat yang hanya terdisi dari jalur-jalur dan beberapa tombil tanpa chips ini tentu membutuhkan perangkat yang bisa menerjemahkan setiap tombol agar bisa terbaca dengan baik oleh system pada laptop. Bisa dibayangkan kalau kita berbbicara dengan orang lain yang menggunakan bahasa isyarat yang kita sama sekali belum mengenali bahasa tersebut, sedangkan kita menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Tentu percakapan tidak akan bisa terjadi jika demikian.

Baca juga :   Service Laptop Matot, Jangan Abaikan Mosfet Ini

Analogi tersebut sama dengan hubungan antara keybaord laptop dengan system atau lebih dikenal dengan OS ( Operating System ) yang sekarang sedang di dominasi oleh Windows. Jika keyboard tidak memiliki penterjemah, maka system pun tidak bisa mengenalinya dan tidak bisa mengikuti perintah yang muncul dari keybaord tersebut.

Penterjemah keyboard pada sebuah motherboard laptop adalah berupa chipset yang sering dikenal dengan SIO ( Super Inpun Output ) atau dikenal juga dengan chipset IO dan ada juga yang menyebutnya EC ( Embedded Controller ). Selain menerjemahkan setiap tombol pada keyboard, chips tersebut juga menerjemahkan signal-signal dari perangkat lain yang terhubung dengannya, sesuai dengan model motherboard yang antara satu dengan yang lain tidak selalu sama.

Baca juga :   Laptop Dell Lampu Nyala Namun Layar Mati

Dari penjelasan tersebut diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa adanya masalah pada keyboard laptop, selain disebabkan karena keyboardnya memang bermasalah, juga bisa disebabkan karena penterjemahnya tidak bekerja dengan baik.

Tidak bekerjanya penterjemah keyboard tersebut juga bisa saja disebabkan oleh berbagai hal. Mungkin karena adanya kerusakan internal, maupun karena memang koneksi antara keyboard dan SIO tersebut tidak bagus.

Maka jangan heran jika mengganti keyboard tidak selalu menjadi satu-satunya solusi dari masalah pada keyboard laptop. Ini memerlukan proses analisa lebih lanjut yang membutuhkan pemahaman elektronika dasar yang kuat agar masalah segera bisa ditemukan dengan baik.

Sebetulnya jika masalah pada keyboard tidak terlalu parah, misalnya hanya ada satu saja tombol yang tidak berfungsi dengan baik dan kesulitan untuk melakukan perbaikan, ini bisa disiasati dengan mengubah tombol tersebut dengan tombol lain yang normal. Kita bisa pilih tombol yang jarang sekali digunakan atau bahkan sama sekali tidak dibutuhkan.

Baca juga :   Keyboard Laptop Error, Diperbaiki atau Diganti ?

Mengubah tombol keyboard dengan tombol lain ini bisa dilakukan menggunakan software bantuan. Misalnya kita bisa gunakan software KeyTweak yang bisa didapatkan dengan gratis. Software ini memiliki kemampuan untuk mengganti fungsi sebuah tombol keyboard dengan tombol lain sesuai keinginan kita. Silahkan gunakan link ini untuk download : KeyTweak_Install

Silahkan ikuti Video ini utuk tutorial cara menggunakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *