Biaya Service Laptop Macet

Diposting pada

Laptop yang bisa dinyalakan namun tiba-tiba macet saat belum selesai booting, tampilan desktop belum muncul dan laptop tidak bisa di apa-apakan disebabkan oleh adanya masalah pada operating system ( Windows dll. ). Namun perlu diketahui bahwa pada kondisi tertentu bisa saja ini disebabkan oleh hal-hal lain yang lebih parah misalnya :

  1. Hardisk Rusak. Kerusakan hardisk, terutama di bagian sector dimana Windows terinstall, bisa menyebabkan sebuah laptop gagal booting. Kerusakan ini, yang dikenal dengan Hardisk Bad Sector jika belum parah masih bisa diperbaiki dengan repair hardisk yang hanya butuh biaya Rp.50.000,- – Rp. 100.000,- namun jika sudah parah maka harus di ganti dengan hardisk yang baru dengan estimasi biaya untuk hardisk 500GB baru Rp.600.000,-
  2. Motherboard rusak. Kerusakan pada motherboard yang menyebabkan gagal booting juga bermacam-macam, namun yang sering terjadi adalah adanya masalah pada tegangan supply ke prosesor. Perbaikan masalah ini menelan biaya lebih kurang Rp. 400.000,-
  3. RAM rusak, ini bisa juga menyebabkan gagal booting. RAM yang pin-pinnya berkerak akan menimbulkan proses transfer data dari dan ke RAM terhambat bahkan bisa gagal. Perbaikan pada masalah ini membutuhkan biaya lebih kurang Rp. 100.000,- namun jika harus dilakukan penggantian maka tergantung ukuran dan jenis RAMnya. jika menggunakan ram DDR3 4GB maka perlu biaya Rp. 400.000.
Baca juga :   3 Komponen Penyebab Laptop Tidak Tampil

Ada beberapa penyebab lain namun ini yang sering terjadi. Namun jika hanya rusak windowsnya saja maka proses install ulang Windows akan berhasil memperbaiki masalah dan hanya butuh biaya Rp. 50.000,- – Rp. 100.000,-. Estimasi biaya tersebut di dasarkan pada kondisi umumn di daerah Jawa. Tentu realnya tergantung lokasi bengkel yang memperbaiki dan teknisinya serta kerumitan masalah yang di perbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *